investor

Home » , , » Contoh Makalah Database Mysql

Contoh Makalah Database Mysql




kata kunci






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

MySQL adalah multiuser database yang menggunakan bahasa structured query language ( SQL ). MySQL dalam operasi client-server melibatkan serverdaemon MySQL disisi server dan berbagai macam program serta library yang berjalan disisi client.
Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam table - tabel yang secara logic merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris ( row atau record ) dan kolom (column atau field ). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari beberapa tabel.
Pada saat ini, pengelolaan database dengan menggunakan berbagai jenis perangkat lunak sudah mempengaruhi kehidupan masyarakat modern. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan sehari - hari yang tidak terlepas dari penggunaan database dengan menggunakan DBMS ( DataBase Management System ).
Manajemen data adalah sekumpulan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan untuk mengelola data sehingga menjadi sumberdaya yang sangat bernilai. Sumberdaya manajemen data adalah pengembangan dan eksekusi dari arsitektur database, kebijakan, pelatihan dan prosedur yang dikelola secara baik dan secara menyeluruh untuk kepentingan  manajemen data ini adalah :

1. Database         : Kumpulan data yang saling berhubungan secara logic, dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan informasi banyak pengguna.

2. Table               : Baris-baris data yang berada dalam satu atau lebih kolom.

3. Field                : Merupakan kolom yang terdapat di dalam tabel atau disebut juga attribute.

4. Record            : Data yang berada didalamdatabase tersebut.

5. Tuple               : Suatu baris dari suatu relasi.

Sebuah system basis data menyediakan dua tipe bahasa yaitu : tipe untuk menspesifikasikan skema basis data, disebut DDL,  dan tipe untuk mengekspresikan queri atau update basis data disebut MDL.


B.     Tujuan

SQL (dibaca "ess-que-el") singkatan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National StandardsInstitute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional.
Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data atau mengambil data dari database. Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan lain-lain.
Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL, kebanyakan dari mereka juga memiliki ekstensi tambahan milik mereka sendiri yang biasanya hanya digunakan pada sistem mereka.
Meskipun demikian, perintah - perintah SQL standar seperti "Select", "Insert", "Update", "Delete", "Create", dan "Drop" dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Data Base
Bahasa database adalah bahasa khusus yang ditetapkan pembuat DMBS ( database management system ), tentang cara berinteraksi atau berkomunikasi antara pemakai dengan database.
Bahasa ini terdiri atas sejumlah perintah yang diformulasikan untuk dapat diberikan oleh pengguna dan dikenali oleh DBMS. Salah satu bahasa database yang populer adalah SQL.

B.     SQL (Structured Query Language)
SQL ( dibaca "ess-que-el" ) singkatan dari Structured Query Language. SQL( Structured Query  Language ) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional.
Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua serverbasis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

C.     SEJARAH SQL (Structured Query Language)
SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama EF Codd yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasiona l pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basisdata tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL ( Structured EnglishQuery Language ).
Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadiSQL .
Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R .Di akhir tahun1970- an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data popular yang bernama sama dengan nama perusahaannya.
Dengan naiknya kepopuleran Oracle maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data. Standarisasi SQL dimulai pada tahun 1986 ditandai dengan dikeluarkannya standar SQL oleh ANSI. Standar ini sering disebut dengan SQL86.
Standar tersebut kemudian diperbaiki pada tahun 1989 kemudian diperbaiki lagi padatahun 1992. Versi terakhir dikenal dengan SQL92 . Pada tahun 1999 dikeluarkanstandar baru yaitu SQL99 atau disebut juga SQL99, akan tetapi kebanyakan mplementasi mereferensi pada SQL92. Saat ini sebenarnya tidak ada server basis data yang 100% mendukung SQL92. Hal ini disebabkan masing - masing server memiliki dialek masing-masing.
D.    Kelebihan MySQL
Multiplatform dan portable.
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistemoperasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

Perangkat lunak sumber terbuka.
MySQL di distribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.

Multi-user.
MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

Performance Tuning.
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.

Ragam tipe data.
MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed atau unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.

Perintah dan Fungsi.
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah ( query ).

Keamanan.
MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.

Skalabilitas dan Pembatasan.
MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah rekaman ( records ) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyarbaris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

Konektivitas.
MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokolTCP / IP, Unix soket ( UNIX ), atau Named Pipes ( NT ).

Lokalisasi.
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa. Meskipun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

Antar Muka.
MySQL memiliki antar muka ( interface ) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API ( Application Programming Interface ).

Klien dan Peralatan.
MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan ( tool ) yang dapat digunakan untuk administrasi database, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.

Struktur tabel.
MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan database lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

Memiliki lebih banyak type data
seperti : signed / unsigned integer yang memilikipanjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipeENUM.


E.     Kekurangan MySQL
Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, MySQL kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan MySQL jarang dipakai dalam program visual.

Data yang ditangani belum begitu besar.

Kelemahan MySQL dari dulu sampai sekarang itu adalah 'feature-creep', artinya MySQL berusaha kompatibel dengan beberapa standard serta berusaha memenuhinya.

F.      Pemakaian Dasar
Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language ( DDL ) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD). Namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.


G.    Perintah Dasar MySQL dengan Menggunakan Query Select.
o Select Version.
Perintah query tersebut dipergunakan untuk menampilkan server versi MySQL.
o Select Current_Date.
Perintah query tersebut dipergunakan untuk menampilkan tanggal saat ini.
o Select Now.
Perintah query tersebut dipergunakan untuk menampilkan tanggal dan jam saat ini
o Select User.
Perintah tersebut dipergunakan untuk mengetahui nama user yang bersangkutan dannama client tempat user melakukan login. Dalam contoh di atas user yangmelakukan login adalah root dan login melalui komputer lokal server MySQL ( localhost ).
o Select Status.
Perintah query ini tidak digunakan dalam MySQL / menampilkan pesan error saat dijalankan.
o Status
Perintah query ini digunakan untuk menampilkan status MySQL yang sedang digunakan.
o Help.
Perintah query ini digunakan untuk menampilkan perintah - perintah dos yang ada pada MySQL.
o Select (*,/,-,+).
Perintah query ini digunakan untuk operasi aritmatik ( kali, bagi, kurang dan tambah ).
o Select SIN.
Perintah query ini digunakan untuk operasi dalam matematika yang mengubah angka menjadi derajat Sinus.
o Select COS.
Perintah query ini digunakan untuk operasi dalam matematika yang mengubah angka menjadi derajat Cosinus.
o Select TAN.
Perintah query ini digunakan untuk operasi dalam matematika yang mengubah angka menjadi derajat Tangen.
o Select Least.
Fungsi Least digunakan untuk mendapatkan nilai terkecil dari sederetan bilangan atau data yang ada. Seberapapun jumlah bilangan atau data yang ada, fungsi Leasttetap akan mendapatkan nilai terkecil.
o Select Greatest.
Fungsi Greatest digunakan untuk mendapatkan nilai terbesar dari sederetan datayang ada.
o Select ABS.
Perintah query ini digunakan untuk mengubah setiap bilangan negatif menjadi bilangan positif.
o Select MOD.
Perintah query ini digunakan untuk menampilkan sisa hasil bagi1.
o Select POW.
Perintah query ini digunakan untuk memangkatkan bilangan.


H.    Data Defination Language.
DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek - objek yang diperlukan dalam basis data. Misalnya tabel, view, user, dan sebagainya.
Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek dan SHOW Database digunakan untuk melihat database yang sudah ada pada DBMS MySQL. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.

I.       Elemen SQL
Elemen dari SQL yang paling dasar antara lain pernyataan, nama, tipe data, ekspresi, konstanta dan fungsi bawaan.
o Pernyataan
Perintah dari SQL yang digunakan untuk meminta sebuah tindakan kepada DBMS. Pernyataan dasar SQL antara lain :
1. ALTER                   : Merubah struktur tabel
2. COMMIT              : Mengakhiri eksekusi transaksi
3. CREATE                : Membuat tabel, indeks
4. DELETE                 : Menghapus baris pada sebuah tabel
5. DROP                    : Menghapus tabel, indeks
6. GRANT                  : Menugaskan hak terhadap basis data kepada user
7. INSERT                  : Menambah baris pada tabel
8. REVOKE                : Membatalkan hak kepada basis data
9. ROLLBACK            : Mengembalikan pada keadaan semula apabila transaksi gagal
10. SELECT                  : Memilih baris dan kolom pada sebuah tabel
11. UPDATE                : Mengubah value pada baris sebuah table

o Nama
Nama digunakan sebagai identitas, yaitu identitas bagi objek pada DBMS. Misal : tabel, kolom dan penggun

o Tipe data
Tipe data yang ada dalam MYSQL    :

1.      Tipe data numerik antara lain        :
1. TINYINT                     : Nilai integer yang sangat kecil.
2. SMALLINT                 : Nilai integer yang kecil.
3. MEDIUMINT             : Nilai integer yang sedang.
4. INT                             : Nilai integer dengan nilai standar
5. BEGINT                      : Nilai integer dengan nilai besar.
6. FLOAT                        : Bilangan decimal dengan single-precission.
7. DOUBLE                     : Bilangan decimal dengan double-precission.
8. DECIMAL(M,D)         : Bilangan float yang dinyatakan sebagai string.
M : jumlah digit yang disimpan,
D : jumlah angka dibelakang koma.

2.      Tipe data String antara lain           :
1. CHAR                         : Karakter yang memiliki panjang tetap yaitu sebanyakn
2. VARCHAR                 : Karakter yang memiliki panjang tidak tetap yaitu maksimum
3. TINYBLOB                 : BLOB dengan ukuran sangat kecil
4. BLOB                         : BLOB yang memiliki ukuran kecil
5. MEDIUMBLOB         : BLOB yang memiliki ukuran sedang
6. LONGBLOB               : BLOB yang memiliki ukuran besar
7. TINYTEXT                  : teks dengan ukuran sangat kecil
8. TEXT                          : teks yang memiliki ukuran kecil
9. MEDIUMTEXT          : teks yang memiliki ukuran sedang
10. LONGTEXT                : teks yang memiliki ukuran besar
11. ENUM                        : kolom diisi dengan satu member enumerasi
12. SET                             : Kolom dapat diisi dengan beberapa nilai anggota Himpunan

3.      Tipe data tunggal dan jam                        :
1. DATE                         : date memiliki format tahun-bulan-tanggal
2. TIME                          : time memiliki format jam-menit-detik
3. DATETIME                : gabungan dari format date dan time

o Ekspresi
Ekspresi digunakan untuk menghasilkan/menghitung nilai. Misalnya : jumlah=harga-diskon. Ekspresi aritmatika antara lain :
1.      +  : tambah
2.      –  : kurang
3.      /  : bagi
4.      *  : kali
o Konstanta
Nilai yang tetap

o Fungsi bawaan
Fungsi adalah subprogram yang dapat menghasilkan suatu nilai apabila fungsi tersebut dipanggil. Fungsi Agregat adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan summary, statistik yang dilakukan pada suatu tabel/query.
1. AVG(ekspresi)     : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dalam kolom dari tabel.
2. COUNT(x)             : digunakan untuk menghitung jumlah baris dari sebuah kolom dari tabel
3. MAX(ekspresi)     : digunakan untuk mencari nilai yang paling besar dari suatu kolom dari tabel
4. MIN(ekspresi)      : digunakan untuk mencari nilai yang paling kecil dari suatu kolom dari tabel
5. SUM(ekspresi)     : digunakan untuk mengitung jumlah keseluruhan dari suatu kolom dari table

J.       Kelompok Penyataan SQL
Pernyataan SQL dapat dikelompokan menjadi 3 kelompok, yaitu : DDL, DML dan DCL.

1.      Pernyataan SQL kelompok DDL (Data Defination Language)
DDL berfungsi untuk mendefinisikan atribut basis data, table, atribut(kolom), batasan-batasan terhadap suatu atribut, serta hubungan antar tabel. Perintah yang digunakan biasanya : CREATE, ALTER, dan DROP
Membuat Database
Syntax yang digunakan : CREATE DATABASE namadatabase;
Menghapus Database
Syntax yang digunakan : DROP DATABASE namadatabase;
Membuat Tabel
Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel;
Menghapus Database
Syntax yang digunakan : DROP DATABASE namadatabase;
Menghapus Tabel
Syntax yang digunakan : DROP TABEL namatabel;
Mendefinisikan null/not null
Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel
( Field1 TipeData1 NOT NULL, Field2 TipeData2)
Mendefinisikan Nilai Default
Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1, Field2 TipeData2 DEFAULT nilai )

Mendefinisikan Primary Key pada Tabel Dapat dilakukan dengan 3 Syntax :
1. CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1 NOT NULL PRIMARY KEY, Field2 TipeData2)
2. CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1, Field2 TipeData2, PRIMARY KEY(Field1)
3. ALTER TABEL namatabel ADD CONSTRAINT namaconstraint PRIMARY KEY (NAMAKOLOM)
Menghapus Primary Key pada Tabel Syntax yang digunakan ada 2 :
1. ALTER TABLE namatabel DROP CONSTRAINT NAMACONSTRAINT;
2. ALTER TABLE NAMATABEL DROP PRIMARY KEY;
Menambah Kolom Baru pada Tabel
Syntax yang digunakan : ALTER TABEL NAMATABEL ADD newfield tipe
Mengubah Tipe Data atau Lebar Kolom pada Tabel
Syntax yang digunakan : ALTER TABEL namatabel MODIFY COLUMN field tipe
Mengubah Nama Kolom
Syntax yang digunakan : ALTER TABEL namatabel CHANGE COLUMN namakolomlama namakolombaru tipe
Menghapus Kolom pada Tabel
Syntax yang digunakan : ALTER TABEL namatabel DROP COLUMN namakolom
Mendefinisikan Foreign Key pada Tabel Dapat dilakukan dengan 2 Syntax :
1. CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1, Field2 TipeData2, FOREIGN KEY (Field2) REFERENCES nama table induk (nama kolom induk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION)
2. ALTER TABEL namatabel ADD CONSTRAINT nama constraint FOREIGN KEY (namakolom) REFERENCES nama table induk (nama kolom induk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION
Menghapus Foreign Key
Syntak yang digunakan : ALTER TABEL namatabel DROP FOREIGN KEY namaconstraint

2.   DML (Data Manipulation Language)
DML berfungsi untuk memanipuladi data yang ada di dalam basis data, contohnya untuk pengambilan data, penyisipan data, pengubahan data dan penghapusan data. Perintah yang digunakan biasanya adalah : INSERT, DELETE, UPDATE, dan SELECT.

1. INSERT
menambah baris pada tabel. Syntax yang paling sering digunakan : INSERT INTO namatabel VALUES (nilai1, nilai2, nilai-n)
2. DELETE
Menghapus baris pada tabel. Syntax : DELETE FROM namatabel [where kondisi
3. UPDATE
Mengubah isi beberapa kolom pada tabel. Syntax : UPDATE namatabel SET kolom1=nilai1, kolom2=nilai2 [where kondisi]
4. SELECT
Menampilkan isi dari suatu tabel yang bisa dihubungkan dengan tabel yang lainnya
K.    Keunggulan MySQL
Program yang multi-threaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki mulit-CPU
Didukung bahasa pemrograman umum seperti C, C++, Java, Perl, PHP, Python, TCL, APls dls.
Bekerja pada berbagai platform
Memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi system database
Memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi system database
Memiliki system sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host
Mendukung ODBC untuk OS Microsoft Windows
Mendukung record yang memiliki kolom dengan panjang tetap
Software yang free
Saling terintegrasi dengan PHP

M.   Tipe Data MySQL
Char(M)
Tipe data ini digunakan untuk menyimpan data string dengan jumlah karakter tertentu. Panjang maksimum karakter tipe data Char harus dinyatakan secara eksplisit seperti contoh berikut: Judul CHAR(50)
Varchar(M)
Tipe data ini cocok digunakan untuk menyimpan data string dengan panjang yang bervariasi. Sama seperti tipe data Char, panjang maksimum karakter yang akan ditampung dalam field harus dinyatakan Tipe Data. Beberapa jenis tipe data dalam MySQL memiliki tipe tersendiri dalam tiap field di table databasenya.
MySQL mengenal beberapa type data field, yaitu :

1.   Tipe data numeric
Tipe data numerik dapat dibedakan menajdi dua kelompok, yaitu tipe data integer dan tipe data floating point. Tipe data integer untuk data bilangan bulat sedangkan tipe data floating point digunakan untuk bilangan desimal. Tipe data numeric dapat kita sajikan dalam table di bawah ini :
Tipe data Kisaran nilai
Tinyint (-128) – 127 atau 0-225
Smallint (-32768) – 32767 atau 0 – 65535
Mediumint (-8388608)-8388607 atau 0-16777215
Int (-2147683648)-(2147683647) atau 0-4294967295
Bigint (-9223372036854775808)-(9223372036854775807)
Atau 0 – 18446744073709551615
Float(x) (-3.402823466E+38)-(-1.175494351E-38),0,dan 1.175494351E-38 – 3.402823466E + 38
Float Idem Double (-1.7976E+308)–(-2.22E-308),0,dan(2.22E-308)- (1.79E+308)


Besar kebutuhan memori penyimpanan untuk masing-masing tipe data di atas sebagai berikut :
Column type Storage required
TINYINT 1 byte
SMALLINT 2 bytes
MEDIUMINT 3 bytes
INT 4 bytes
INTEGER 4 bytes
BIGINT 8 bytes
FLOAT(4) 4 bytes
FLOAT(8) 8 bytes
FLOAT 4 bytes
DOUBLE 8 bytes
DOUBLE PRECISION 8 bytes
REAL 8 bytes
DECIMAL(M,D) M bytes (D+2, if M < D)
NUMERIC(M,D) M bytes (D+2, if M < D)

2.      Tipe data string
Yang termasuk dalam tipe data string adalah tipe-tipe data berikut : Tipe kolom Kebutuhan memori penyimpanan
CHAR(M) M bytes, 1 <= M <= 255
VARCHAR(M) L+1 bytes, where L <= M and 1 <= M <= 255
TINYBLOB, TINYTEXT L+1 bytes, where L < 2^8
BLOB, TEXT L+2 bytes, where L < 2^16
MEDIUMBLOB,
MEDIUMTEXT
L+3 bytes, where L < 2^24
LONGBLOB,
LONGTEXT
L+4 bytes, where L < 2^32
ENUM
('value1','value2',...)
1 or 2 bytes, depending on the number of enumeration
values (65535 values maximum)
SET
('value1','value2',...)
1, 2, 3, 4 or 8 bytes, depending on the number of set
members (64 members maximum)

3.      Tipe data waktu
Yang termasuk dalam tipe data tanggal dan waktu adalah sebagai berikut :
o Column type Storage require
o DATETIME 8 bytes
o DATE 3 bytes
o TIMESTAMP 4 bytes
o TIME 3 bytes
o YEAR 1 byte

4.      Tipe data char() dan varchar() pada prinsipnya sama. Yang menjadi perbedaannya adalah pada jumlah memori yang dibutuhkan untuk penyimpanan. Memori penyimpanan yang dibutuhkan tipe data char() bersifat statis, besarnya tergantung pada berapa jumlah karakter yang ditetapkan pada saat field tersebut dideklarasikan. Sebaliknya, tipe data varchar() besar memori penyimpanan tergantung terhadap berapa karakter yang digunakan ditambah 1 byte yang berisi data jumlah karakter yang digunakan.


N.    Pengantar Sintak Dasar Mysql

MySQL merupakan bahasa pemograman database di mana penulisan sintaknya tidak serumit bahasa pemograman lainnya seperti java, C++ dan sebagainya. Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap penulisan script MySQL di Dos-Prompt harus selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Di dalam source MySQL yang telah terinstal secara default telah terisi sebuah database yang bernama mysql dan tes . Untuk dapat menampilkan apa saja nama database yang telah ada maupun yang akan kita buat, gunakan sintak :

Mysql> show databases;
Perhatikan contoh di bawah ini

Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.
C:\Users\Fyrman>cd..\..
C:\>cd/xampp/mysql/bin
C:\xampp\mysql\bin>mysql -u root –p
Enter password:
Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 1
Server version: 5.5.16 MySQL Community Server (GPL)
Copyright (c) 2000, 2011, Oracle and/or its affiliates. All rights reserved.
Oracle is a registered trademark of Oracle Corporation and/or its
affiliates. Other names may be trademarks of their respective
owners.
Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the current input statement.
mysql> show databases;
+--------------------+
| Database           |
+--------------------+
| information_schema |
| cdcol              |
| firman             |
| kampus             |
| mysql              |
| performance_schema |
| perpustakaan       |
| perpustakaan2      |
| perpustakaan_gaul  |
| phpmyadmin         |
| rental             |
| rental_cd          |
| test               |
| webauth            |
+--------------------+
14 rows in set (0.11 sec)
mysql>

Contoh di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan sintak show databases; berarti kita dapat menampilkan seluruh nama database yang telah ada. Sintak untuk bisa masuk kedalam salah satu system database tersebut adalah :
mysql> show databases;

+--------------------+
| Database           |
+--------------------+
| information_schema |
| cdcol              |
| firman             |
| kampus             |
| mysql              |
| performance_schema |
| perpustakaan       |
| perpustakaan2      |
| perpustakaan_gaul  |
| phpmyadmin         |
| rental             |
| rental_cd          |
| test               |
| webauth            |
+--------------------+
14 rows in set (0.11 sec)
mysql> use perpustakaan;
Database changed
mysql>

Dengan mengetikkan sintak use mysql; dan keluar kalimat database change, berarti kita telah masuk ke dalam database mysql yang telah ada. Di setiap database tentu ada terdapat beberapa table yang menjadi komponen dasar sebuah database. Sintak untuk menampilkan seluruh table yang telah ada di dalam database mysql adalah :

mysql> use perpustakaan;
Database changed
mysql> show tables;
+------------------------+
| Tables_in_perpustakaan |
+------------------------+
| anggota                |
| buku                   |
| pinjam                 |
+------------------------+
3 rows in set (0.10 sec)
mysql>
di dalam database perpustakaan sudah ada beberapa table yang telah default dari mysql-nya sendiri. Didalam database tersebut ada table anggota,buku dan pinjam di mana tiap tablenya memiliki fungsi tertentu yang dapat diakses oleh tiap user.
O.    Membuat Database Baru

Membuat database
Untuk membuat sebuah database dengan nama ‘formulir’ kita tidak perlu harus keluar terlebih dahulu dari salah satu database walau kita sebelumnya telah masuk ke dalamnya, untuk membuatnya gunakan syntax berikut

create database Formulir;
mysql> create database Formulir -> ;
Query OK, 1 row affected (0.01 sec)
mysql>

Query OK, 1 row affected (0.01 sec) berarti kita telah berhasil membuat sebuah database yang bernama formulir. Dan untuk menghapusnya, gunakan sintak sebagai berikut :

mysql>drop database formulir;

Pada kondisi di atas, apabila kita lupa meletakkan tanda titik koma (;) di akhir kalimat maka pada baris setelahnya akan keluar tanda (->). Di samping tanda tersebut harus kita beri tanda titik koma (;) agar dapat berjalan dengan baik.

Membuat table
Setelah kita memasuki sebuah database, kita dapat mulai membuat tabel – tabel sesuai dengan keperluan kita. Dalam database dikenal primary key, yaitu field yang menjadi acuan data terhadap field-field lainnya dan primary key tidak boleh null.Misalkan nama tabelnya adalah ‘data’, maka sintaknya adalah :
create table data Perhatikan script di bawah ini :

mysql> create table data
-> Nama char(30),
-> Alamat varchar(25),
-> id_formulir int(5));
Query OK, 0 rows affected (0.14 sec)
mysql>

untuk mengecek tabel formulir yang kita buat diatas dengan cara
(mysql>desc data;)
Lihatlah contoh scrip dibawah ini!!!!!
mysql> desc data;
+-------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field       | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+-------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Nama        | char(30)    | YES  |     | NULL    |       |
| Alamat      | varchar(25) | YES  |     | NULL    |       |
| id_formulir | int(5)      | YES  |     | 0       |       |
+-------------+-------------+------+-----+---------+-------+
3 rows in set (0.02 sec)
mysql>

Mengisi table
Setelah tabel terbentuk, kita dapat memulai pekerjaan mengisi database. Syntax yang digunakan adalah :

mysql>insert into data (field1,field2) values (valuefield1,valuefield2);
perhatikan contoh di bawah ini :
mysql> insert into data values ('Fyrman','Bandung','12345');
Query OK, 1 row affected (0.09 sec)
mysql> insert into data values ('Viola','Jakarta','12543');
Query OK, 1 row affected (0.12 sec)
mysql> insert into data values ('Indah','Jogjakarta','12765');
Query OK, 1 row affected (0.07 sec)
mysql> insert into data values ('Alex','Surabaya','12213');
Query OK,  row affected (0.06 sec)
mysql>

Untuk melihat hasilnya yaitu dengan cara (mysql> select * from data;).
mysql> select * from data;
+--------+------------+-------------+
| Nama   | Alamat     | id_formulir |
+--------+------------+-------------+
| Alex   | Surabaya   |       12213 |
| Fyrman | Bandung    |       12345 |
| Viola  | Jakarta    |       12543 |
| Indah  | Jogjakarta |       12765 |
+--------+------------+-------------+
4 rows in set (0.00 sec)
mysql>

Tanda (*) merupakan perintah untuk menampilkan seluruh kolom beserta isinya. Jika kita ingin menampilkan hanya kolom nama saja, maka sintaknya adalah: (mysql>select field from nama_table;). contoh :

select nama from data;
Perhatikan script di bawah ini!!!!!

mysql> select nama from data;
+--------+
| nama   |
+--------+
| Alex   |
| Fyrman |
| Viola  |
| Indah  |
+--------+
4 rows in set (0.00 sec)
mysql>

Untuk mengurutkan data berdasarkan ascending atau descending yaitu dengan cara:
(Select * from data from data order by field asc;), dan sebaliknya.
mysql> select * from data order by nama asc;
+--------+------------+-------------+
| Nama   | Alamat     | id_formulir |
+--------+------------+-------------+
| Alex   | Surabaya   |       12213 |
| Fyrman | Bandung    |       12345 |
| Indah  | Jogjakarta |       12765 |
| Viola  | Jakarta    |       12543 |
+--------+------------+-------------+
4 rows in set (0.04 sec)

mysql> select * from data order by alamat desc;
+--------+------------+-------------+
| Nama   | Alamat     | id_formulir |
+--------+------------+-------------+
| Alex   | Surabaya   |       12213 |
| Indah  | Jogjakarta |       12765 |
| Viola  | Jakarta    |       12543 |
| Fyrman | Bandung    |       12345 |
+--------+------------+-------------+
4 rows in set (0.00 sec)
mysql>
P.     Macam-macam dari perintah DML adalah:
1.      Insert : untuk memasukkan / menambahkan data baru INSERT INTO nama_table (nama_kolom)
values (values);
contoh –> insert into mahasiswa (nim, nama, alamat, jurusan) values (12345,’andhi’,’yogya’,’informatika’);
keterangan:
insert into –> perintah untuk menambah data
mahasiswa –> nama table yang akan ditambahkan datanya
nim, nama, alamat, jurusan –> nama kolom dari table mahasiswa
12345,’andhi’,’yogya’,’informatika’ –> data yang dimasukkan ke dalam table mahasiswa (sesuai dengan urutan kolom yang telah disebutkan sebelumnya)
nb: untuk data yang bertipe karakter harus diapit tanda petik tunggal (‘ ‘)

2.      Select : untuk menyeleksi / memilih data yang akan ditampilkan SELECT * | {nama_kolom} FROM
nama_table [WHERE condition];
contoh –> select nim, nama, jurusan from mahasiswa;
keterangan: perintah di atas menampilkan data nim, nama dan jurusan pada table mahasiswa.
nb: untuk menampilkan semua kolom dapat menggunakan tanda (*) contoh: select * from mahasiswa, sedangkan jika ada syarat/kondisi untuk data yang akan ditampilkan dapat menggunakan klausa where contoh: select nim, nama from mahasiswa where nama=’andhi’

3.      Update : untuk membperbaharui data yang sudah ada UPDATE nama_table SET nama_kolom = value [WHERE condition];
contoh –> update mahasiswa set jurusan =’kedokteran’ where nama=’andhi’;
keterangan: perintah di atas akan mengubah data mahasiswa yang bernama andhi dengan mengganti data pada kolom jurusan, yang sebelumnya informatika menjadi kedokteran.
Nb: kita dapat mengubah lebih dari satu kolom dalam satu perintah update contoh: update mahasiswa set nim=45678, jurusan=’kedokteran’ where nama=’andhi’;
Perhatian : Jika kita tidak menggunakan klausa where maka semua baris pada kolom yang akan di update akan berubah.

4.      Delete : untuk menghapus baris data DELETE [FROM] nama_table [ WHERE condition];
contoh –> delete mahasiswa where nama=’andhi’;
keterangan: perintah di atas menghapus baris data pada tabel mahasiswa yang bernaa andhi
Perhatian : Jika tidak menggunakan klausa where maka semua baris data pada tabel tersebut akan dihapus.
Q.      Mengatur MySQL bisa menggunakan jaringan (diakses dengan visual basic dari komputer klien)
Database MySQL diperuntuhkkan untuk PHP, dengan kata lain, pengaksesan melalui jaringan adalah fitur utama dari database ini. Pengaksesan melalui jaringan pada prinsipnya MySQL dijalankan di server (Server Side) sehingga hak akses yang digunakan sebenarnya lokal. Hal yang berbeda kalau kita ingin mengakses database tersebut secara Client Side.
Misalnya ingin mengakses database dari sebuah PC dengan menggunakan Visual Basic. Kita harus mempersiapkan MySQL yang bisa menggunakan jaringan.
Untuk kegiatan ini diperlukan requirement sebagai berikut:
1. Antar muka MySQL seperti PHPMyAdmin
2. Windows XP di Server (dan akses ke control panelnya)
3. Sedangkan Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:
4. Atur  firewall komputer server
5. Menambahkan user MySQL untuk komputer klien
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

No Sara
No Spam
Add Facebook http://www.facebook.com/lesmanaadiputra
follow twitter @lesmanaadiputra

Translate

mohon klik salah satu iklan saya

Dock Content put in here

Categories

[Pasang Widget] | [tutup]
laksamana lesmana. Powered by Blogger.

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LAKSAMANA LESMANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger