investor

Home » , , , » Apa itu MAC ADDRESS ??

Apa itu MAC ADDRESS ??


Setelah sekian lama bergeluti dengan Komputer, ada satu hal yang memang harus di perhatikan sebelum beranjak ke tingkat selanjutny, seperti halnya saya yang sedang bergejolak mempelajari tentang Jaringan Komputer, tapi sebelumnya kita harus perhatikan dan mengenal system yang akan kita pelajari itu, jangan sampai kita mengenal atap rumah tapi tidak mengenal pondasi rumah itu sendiri, ini yang bahaya bagi kaum IT.
seperti yang banyak kita ketahui bahwa sudah berbagai banyak orang mempelajari dunia IT itu tapi mereka lebih cenderung mempelajari tingkat tinggi dari pada mempelajari tingkat dasarnya, hal ini yang menyebabkan tidak adanya kemauan untuk menciptakan karya sendiri (dalam hal ini bisa dibilang saya sendiri pribadi seperi itu :P ), mereka kebanyakan melihat ke atas tanpa memperhatikan dasarnya,!
TEORI, kebanyak orang sangat anti mendengar kata TEORI di karenakan sebuah teori itu jauh berbeda dengan kenyataan,(tapi tidak semua teori itu ). tapi didalam Teori ini lah hal dasar yang akan memacu kita untuk emnciptakan hal-hal baru dalam berkarya, seerti contoh sederhana, anda akan membuat sebuah Rumah, tetapi anda sendiri tidak tahu bagai mana ukuran campuran antara Pasir dengan Semen yang akan di aduk. tetapi anda pernah mempelajarinya dalam kenyataan, its oke, i like, tapi ingat, sebuah pratik tidak semuanya menghasilkan seperti apa yang kita inginkan tanpa Teori, dan sebaliknya.! jadi disini saya tidak akan membahas tentang Praktik, dikarenakan memang kata PERAKTIK itu sudah lumrah di Telinga. (sekali lagi, perhatikan jalan anda melangkah sebelum melanjutkan langkah kaki anda)
Lalu apa itu MAC ADDRESS?
MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet addressphysical address, atau hardware address.
MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) danMAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat “tabel routing” internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.
Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC)yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalamROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC address, meski hal ini kurang disarankan. Jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.
MAC address memang harus unik, dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.
Nama vendor Alamat MAC
Cisco Systems00 00 0C
Cabletron Systems00 00 1D
International Business Machine Corporation00 04 AC
3Com Corporation00 20 AF
GVC Corporation00 C0 A8
Apple Computer08 00 07
Hewlett-Packard Company08 00 09
Agar antara komputer dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya, frame-frame jaringan harus diberi alamat dengan menggunakan alamat Layer-2 atau MAC address. Tetapi, untuk menyederhanakan komunikasi jaringan, digunakanlah alamat Layer-3 yang merupakanalamat IP yang digunakan oleh jaringanTCP/IP. Protokol dalam TCP/IP yang disebut sebagai Address Resolution Protocol (ARP) dapat menerjemahkan alamat Layer-3 menjadi alamat Layer-2, sehingga komputer pun dapat saling berkomunikasi.
Beberapa utilitas jaringan dapat menampilkan MAC Address, yakni sebagai berikut:
  • IPCONFIG (dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003).
  • WINIPCFG (dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition).
  • /sbin/ifconfig (dalam keluarga sistem operasi UNIX )
anda coba mengetikkan perintah ipconfig /all di cdm anda
Windows IP Configuration
        Host Name . . . . . . . . . . . . : d1d1ITC
        Primary Dns Suffix  . . . . . . . :
        Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
        IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
        WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Local Area Connection:
        Connection-specific DNS Suffix  . :
        Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139/810x Fam
ernet NIC
        Physical Address. . . . . . . . . : 00-13-88-85-30-C8
        Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
        IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.69
        Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
        Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
        DNS Servers . . . . . . . . . . . : 8.8.8.8
                                            8.8.4.4
Berikut ini adalah contoh output dari perintah ifconfig di Linux
$ ifconfig eth0
eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:13:d3:f1:37:8e
          inet addr:192.168.0.254  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
          BROADCAST MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:1000
          RX bytes:0 (0.0 B)  TX bytes:0 (0.0 B)
          Interrupt:27 Base address:0xa000
MAC address adalah angka di samping parameter HWaddr
nah itu lah rangkuman yang saya dapatkan di Wikipedia, mungki secara dasar ini belum seberapa untuk penjelsannya, tapi alangkah baiknya anda mempelajarinya.
semoga bermanfaat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

No Sara
No Spam
Add Facebook http://www.facebook.com/lesmanaadiputra
follow twitter @lesmanaadiputra

Translate

mohon klik salah satu iklan saya

Dock Content put in here

Categories

[Pasang Widget] | [tutup]
laksamana lesmana. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LAKSAMANA LESMANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger