investor

Home » , , , , » Cara Membuat Email Sesuka Anda di namakamu@namakamu.co.cc!

Cara Membuat Email Sesuka Anda di namakamu@namakamu.co.cc!

Update: Mohon maaf gambar di postingan ini bermasalah. Sy me-linknya dr maseko.com jd tdk bisa berbuat banyak. Diharap maklum..
Anda bosan dgn alamat email di @yahoo.com, @gmail.com, @hotmail dan sebagainya? Kita dapat memanfaatkan domain .co.cc (domain gratis) untuk kita pergunakan membuat alamat email sendiri. Misalnya saja untuk domain blablabla.co.cc yang kita daftarkan akan kita buat email kita di namakamu@blablabla.co.cc.
Email ini nantinya akan dibuka dengan Google Apps, sebuah layanan dari Google yg fasilitas emailnya serupa dgn Gmail. Jadi sederhananya seperti memiliki account Gmail, tetapi dengan alamat domain yg kita punya.
Jadi, tanpa perlu mempunyai atau bahkan berniat membuat website atau blog pun, kita dapat menggunakannya. Ke depannya, domain tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan lainnya.
Langkah2nya sbg berikut:
1. Langkah pertama, apabila belum mempunyai alamat domain co.cc, daftar dulu, bisa diliat di artikel ini CARA BIKIN DOMAIN GRATIS.
Buat yg sudah punya account di co.cc, silakan langsung login. Setelah memiliki domain yg diinginkan, pilih Manage Domain.
2. Sekarang, di Window ato Tab baru, buka halaman pendaftaran Google Apps disini.
Pada halaman tersebut klik pada pilihan Administrator: I own or control this domain, selanjutnya masukkan nama domain .co.cc yang sebelumnya didaftarkan dan klik tombol Get Started.

3. Pada halaman berikutnya, masukkan semua informasi yang diminta seperti nama, alamat email, telepon. Setelah semua informasi yang diperlukan telah diinput, klik tombol Continue.
4. Selanjutnya adalah pembuatan account Administrator untuk domain yang didaftarkan tsb. Account Administrator ini kita perlukan utk pengaturan segala layanan Google Apps termasuk kalo Anda ingin menambahkan user-user lain yg akan menggunakan email, contohnya temananda@namakamu.co.cc.
Masukkan username dan password yg anda inginkan. Di sini juga akan ditampilkan Terms and Conditions yg harus disetujui. Selanjutnya klik tombol I accept. Continue with set up.
Berikutnya anda akan masuk ke halaman Dashboard Google Apps untuk domain Anda. Nantinya halaman ini dapat diakses melalui alamat https://www.google.com/a/<nama_domain> misalnya untuk domain blablabla.co.cc menjadi https://www.google.com/a/blablabla.co.cc.
5. Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan set up, dan yang pertama adalah melakukan verifikasi kepemilikan domain. Klik pada link Verify Domain Ownership seperti gambar di atas.
Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman verifikasi kepemilikan domain. Ada dua metode yang dapat dipilih, tapi lebih praktis memilih cara Change your CNAME record. Di sini Anda diberikan petunjuk bagaimana untuk melakukan verifikasi dgn metode tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah point 2 dan 3. Tulisan yg dihitamkan tsb kita perlukan utk diisi di halaman pengaturan .co.cc kita. Untuk memudahkan copy saja satu persatu tulisan tsb.
6. Biarkan halaman setup Google Apps tetap terbuka dan jangan mengklik tombol Verify terlebih dahulu. Kita kembali ke halaman setup domain co.cc yang sebelumnya ditinggalkan dalam keadaan terbuka untuk membuat CNAME record yg diperintahkan Google. Setelah masuk dlm Manage Domain, klik pilihan 2 yaitu Zone Records. Selanjutnya anda paste nama CNAME yang Anda copy tadi pada isian Host, dgn diikuti nama domain co.cc anda. Misalnya utk domain namakamu.co.cc isikan googleb03d2b040199e393.namakamu.co.cc.
Untuk Type/Pri pilih CNAME, dan untuk Value masukkan google.com, seperti pd point 3 di Google Apps. Selanjutnya klik tombol Add Record.
7. Kembali ke halaman setup di Google Apps, sekarang baru Anda klik tombol Verify. Selanjutnya Anda akan kembali ke halaman Dashboard dan mendapat informasi bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan memakan waktu maksimal 48 jam (tapi biasanya hanya beberapa menit).
Sampai disini langkah Verify domain ownership sudah selesai, sambil menunggu kita dapat melanjutkan langkah aktivasi email dengan mengklik link Activate email pada bagian Service Setting di Dashboard.
8. Pada halaman berikutnya, Anda akan diberikan petunjuk untuk membuat MX record di halaman pengaturan domain co.cc yg kita miliki. Ada tabel berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan.
Sama halnya dgn langkah Verify Domain Ownership, biarkan halaman Google Apss tsb terbuka, lalu kembali ke halaman pengaturan domain/Manage Domain co.cc.
9. Pada halaman pengaturan domain, kita harus menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google di atas. Ada 7 buah record yg harus dimasukkan dan masing-masing record caranya sama.
Untuk Host, masukan nama domain Anda, misalnya namakamu.co.cc.
Untuk Type/Pri pilih MX, kemudian Priority diisi sesuai yang diberikan Google, misalnya 10.
Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM.
Kemudian klik tombol Add Record. Lakukan hal yang sama untuk record-record lainnya sampai selesai.
Jika sudah, kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol I have completed these steps dan Anda akan dibawa kembali ke Dashboard Google Apps.
10. Berikutnya, kita dapat mengubah alamat akses (URL) email kita. Pada Dasboard bagian Service settings, klik pada link Email. Pada halaman berikutnya, klik link Change URL. Isi sesuai kemauan anda, misalnya mail. Jika sudah, klik Continue.
URL ini tidak dirubah pun tidak apa2 sebenarnya, tapi jika dirubah akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. Misalnya untuk domain namakamu.co.cc kita buat alamat akses http://mail.namague.co.cc. Jika tidak kita ubah, maka alamat untuk mengakses hanya http://mail.google.com/a/namakamu.co.cc.
11. Selanjutnya, Anda akan mendapati petunjuk untuk menambahkan CNAME record untuk pengalamatan akses email tersebut. Perhatikan pada poin 3 dan 4.
Selanjutnya kembali ke pengaturan domain co.cc untuk menambahkan CNAME record ini dengan cara yang sama ketika menambahkan CNAME record pada saat Verify Domain Ownership.
Di halaman pengaturan domain co.cc, masukkan alamat akses email anda yg baru pada bagian Host, misalnya mail.namakamu.co.cc.
Pada Type/Pri pilih CNAME.
Pada Value masukkan apa yang diberikan Google pada poin 4 sebelumnya, misalnya ghs.google.com.
Selanjutnya klik Add record. Kembali ke halaman Google Apps, klik tombol I’ve completed these steps. Hal yang sama dapat diterapkan pula untuk mengubah alamat layanan lain yang diberikan Google Apps, misalnya Calendar, Docs, dll.
Beres! Di Dashboard Google dpt Anda liat status Email anda masih Updating… Anda tinggal menunggu email anda aktif, yg tertulis kira2 1 jam.
Ketika proses selesai, Anda dapat mencobanya dengan mengakses http://mail.namakamu.co.cc. Email ini juga dapat digunakan utk layanan Google lainnya semacam Google Talk atau Google Chat. Tambahkan juga teman-teman atau anggota keluarga lain yang akan dimasukkan sebagai user untuk domain Anda.

Selamat! Anda telah memiliki alamat email “tak lazim” anda yg dapat diakses dari Google Apps layaknya Gmail!

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

No Sara
No Spam
Add Facebook http://www.facebook.com/lesmanaadiputra
follow twitter @lesmanaadiputra

Translate

mohon klik salah satu iklan saya

Dock Content put in here

Categories

[Pasang Widget] | [tutup]
laksamana lesmana. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LAKSAMANA LESMANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger